SELAMAT BERPISAH

Pembaca yang budiman,

Setelah sekitar 3,5 tahun FBC menemani pembaca dengan berita maupun feature, dan foto-foto mengenai masyarakat, kebudayaan, dan alam Flores, kini kabar yang menyesakkan ini harus kami sampaikan. Terhitung mulai 17 Agustus 2015 lalu, di saat pembaca sekalian merayakan HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan gegap gempita, kami mohon pamit karena sudah tidak bisa melayani pembaca kembali.

Alasan utama penutupan FBC ini adalah karena donatur yang selama ini menopang seluruh biaya operasional FBC menarik diri, dengan alasan yang tidak bisa kami sampaikan di ruang ini. Sudah barangkali pembaca kecewa mendengar kabar yang tiba-tiba ini, begitu juga kami seluruh awak Redaksi FBC. Tetapi hidup dan kehidupan memang tidak melulu berisi hal-hal yang menggembirakan, bukan? Ada kalanya kekecewaan mampir, baik diundang maupun tanpa undangan menghampiri kehidupan kita bersama. Begitu juga dengan kabar penutupan FBC ini.

Bukan tanpa alasan bila kami berpamitan di hari ‘keramat’ bagi bangsa ini. Kami berharap, sepeninggal FBC di hadapan pembaca, HUT RI ini dapat menjadi momentum bagi masyarakat Flores untuk bangkit mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lain di Nusantara ini dengan semangat berdikari, berdiri di atas kaki sendiri seperti digelorakan Bapak Pendiri Bangsa, Bung Karno, yang sepenggal hidupnya pernah tinggal di Ende, Flores.

Semoga perpisahan ini bukan akhir segalanya, karena kami telah menyaksikan sendiri bagaimana masyarakat Flores  mampu mengelola semua kekurangan dan potensi yang ada, menjadi sebuah peluang yang tidak terpikirkan sebelumnya. Dengan kata lain, hidup memang harus dipertaruhkan, bukan dikutuki dengan segala nestapa. Dan, kami yakin suatu hari nanti masyarakat Flores akan bangkit dengan kekuatannya sendiri seperti niat awal ketika media ini digagas. Merdeka ! ***

Redaksi FBC

 

Lima Proyek Gagal, Warga Koro Gali Lubang di Pinggir Kali untuk Dapatkan Air Bersih

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *