Pemkab Flotim Bantu Dana Perbaiki Kapela Bunda Maria Reinha Balawelin

LARANTUKA, FBC - Pemerintah kabupaten Flores Timur (Flotim) akan membantu dana untuk memperbaiki kapela Bunda Maria Reinha Balawelin. Bantuan dana ini merupakan komitmen pemerintah kabupaten Flores Timur dalam ranka membangun sarana dan pra sarana pariwisata.

Valentinus Sama Tukan,SAp ( tengah ) bersama kepala desa Balawelin Urbanus Werang( kiri ) usai mengikuti misa inkulturasi di kapela Bunda Maria Reinha Balawelin kecamatan Solor Barat. ( Foto : FBC/Ebed de Rosary )

Valentinus Sama Tukan,SAp ( tengah ) bersama kepala desa Balawelin Urbanus Werang( kiri ) usai mengikuti misa inkulturasi di kapela Bunda Maria Reinha Balawelin kecamatan Solor Barat. ( Foto : FBC/Ebed de Rosary )

Pembangunan fasilitas ini dilakukan agar wisatawan bisa merasa nyaman dan lebih mudah menjangkau tempat wisata. Meski belum menampakan hasilnya, namun selama 4 tahun memimpin Flores Timur pemerintah sudah berupaya melakukannya.

Hal ini disampaikan wakil Bupati Flores Timur, Valentinus Sama Tukan,SAp kepada FBC usai menghadiri upacara Wuu’n Nuran didesa Balawelin I kecamatan Solor Barat, Senin ( 06/07/2015 ). Dikatakan Valens, pariwisata merupakan salah satu potensi daerah Flores Timur dan merupakan salah satu program strategis dalam mengembangkan perekonomian di Flotim.

“ Ada beberapa sarana dan pra sarana kata Valens yang dibangun namun belum menunjukan hasil maksimal.Yang jelas ini suatu potensi karena adat ini mempunyai makna yang sangat besar bagi kehidupan sosial masyarakat kita “ ujarnya.

Adat Wuu’n Nuran tambah Valens, bisa mempersatukan sebagian besar masyarakat di pulau Solor. Di Flotim dan dimanapun nilai persatuan  sudah mengalami erosi.

Meski baru pertama kali mengikuti acara Wuu’n Nuran,bagi Valens ritual adat ini memberi kesan yang baik. Banyak hal atau nilai-nilai yang selama ini dilupakan tambah Valens, tentunya bisa diperbaiki. Valens berharap, nilai – nilai ini yang harus ditonjolkan.

“ Dalam segala ritual adat kita mulai menghindari hal-hal yang bersifat pemborosan,“ sebutnya.

Saat ditanya FBC mengenai komplain dari masyarakat adat Demon Pagong mengenai tidak adanya bantuan pemerintah Flotim kepada mereka dalam menggelar ritual adat, Valens pun mengakuinya. Menurut  Valens, meski masa kepemimpinannya masih setahun lebih, dirinya masih mempunyai optimisme untuk membangkitkan pariwisata Flotim.

Valens melihat banyak ritual adat yang digelar di Flotim masih belum dijadikan daya tarik wisata. Ketika ditanya apakah pemerintah Flotim memberikan dana bagi pembangunan jalan ke kapela Bunda Maria Reinha Balawelin, Valens mengatakan belum bisa memberikan jawaban namun pemkab Flotim sudah menyiapkan dana untuk pemugaran kapela tersebut.

Kepala desa Balawelin I, Urbanus Turang Werang (52) kepada FBC yang menemuinya, Minggu ( 05/07/2015 ) di rumahnya membenarkan adanya bantuan pemerintah bagi rehab kapela Bunda Maria Reinha Balawelin. Urbanus memastikan paling lama di tahun 2016 pemugaran kapela sudah bisa dilakukan. ( ebd )

Sopir Mabuk, Mobil Sedan Tabrak Pagar Tembok Taman Doa Kristus Raja

Next Story »

Polres Flotim Tangkap Penjual Insang Pari Manta Saat Transaksi di Hotel

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *