Kota Tidak Ditata, Kambing-Kambing Berkeliaran di Pasar Inpres Larantuka

LARANTUKA, FBC – Puluhan ekor kambing memenuhi pasar Inpres Larantuka di kelurahan Eka Sapta kota Larantuka, ibukota kabupaten Flores Timur. Kambing-kambing ini pun seringkali ditermukan berkeliaran bebas di jalanan umum di kelurahan yang biasa disebut Kampung Baru ini.

Pemandangan ini bisa ditemui saat pagi hari dan sore hari di mana puluhan ekor kambing mengerubuti tempat sampah yang terletak di dalam areal pasar Inpres dan di dua buah tempat sampah yang ada di samping badan jalan depan pasar tersebut.

Kambing yang berkeliaran bebas di jalan negara ini selain mengganggu kenyamanan pasar juga menganggu pengendara yang melintas. Keadaan ini sebut beberapa warga kota Larantuka sudah dianggap sesuatu yang lumrah dan pemerintah daerah Flores Timur terkesan membiarkan saja. Beberapa warga kota Larantuka yang ditemui FBC, Jumat (17/07/2015) mengeluhkan keadaan ini.

Anton Diaz (47) salah seorang pengendara yang ditemui FBC di lokasi pasar membenarkan hal ini. Menurut Anton ratusan ekor kambing ini sejak sepuluh tahun lalu sudah berkeliaran bebas di pasar Inpres bahkan di kelurahan Eka Sapta.

Kambing – kambing ini sebut Anton. dimiliki warga Eka Sapta yang bermukim di sekitar pasar. Kambing ini pun sering melintas dan menganggu pengendara dan tidak ada penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP maupun dinas Perindag kabupaten Flores Timur.

“ Kami sudah terbiasa dengan keadaan ini. Mungkin sudah berlangsung lama jadi hal ini dianggap sesuatu yang lumrah “ sebutnya.

Hal senada juga dikeluhakan mama Fransiska Libu (62). Saat ditanya FBC, mama Ika sapaannya hanya tertawa saja. Menurut mama Ika, dirinya sudah terbiasa dengan kondisi ini bahkan para pedagang yang berjualan di pasar Inpres pun berpendapat sama dengannya.

Sebagai rakyat kecil dirinya pun tak bisa berkomentar. Banyak sebab menurutnya tidak mungkin para pejabat tidak mengetahuinya karena tempat ini selalu dilewati para pejabat setiap hari menuju ke kantor pemerintahan di Lebao. Bahkan tuturnya, isteri pejabat pun hampir setiap hari berbelanja di pasar ini.

Kambing yang memakan sisa makanan di tempat sampah yang meluber ke jalan di pintu masuk sebelah barat pasar Inpres Larantuka. ( Foto : FBC/Ebed de Rosary )

Kambing yang memakan sisa makanan di tempat sampah yang meluber ke jalan di pintu masuk sebelah barat pasar Inpres Larantuka. ( Foto : FBC/Ebed de Rosary )

“ Kami mau omong juga salah, tidak mungkin mereka para pejabat tidak tahu dan melihatnya,“ ujarnya setengah tertawa.

Disaksikan FBC, saat pagi dan sore hari, Sabtu (18/07/2015) saat menyambangi pasar ini sekitar 8 ekor kambing mengerubuti tempat sampah di samping jalan depan pasar. Empat ekor kambing terlihat mengais sampah di tumpukan sampah di sebelah barat pasar samping jalan masuk, sementara dua lainnya asyik memakan sisa-sisa makanan di sisi timur jalan keluar pasar dekat pertigaan dan los kios.

Saat memasuki areal pasar, FBC menemukan puluhan ekor kambing lainnya berkeliaran di dalam pasar sore itu memakan sisa – sisa sayuran yang jatuh di lantai. Beberapa kambing asyik memakan rumput dan berkeliaran di sebelah barat areal pasar.

Jika tidak ditertibkan tentunya keadaan ini akan jadi biasa walau akan mendatangkan masalah kenyamanan bagi warga kota Larantuka di kemudian hari. (ebd)

Rumah Terbakar, Seorang Siswa SMPK Ndao Ditemukan Tewas

Next Story »

Meski Jumlahnya Minim, Dua Koperasi Produksi di Sikka Mampu Berprestasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *