Komisi II Sepakat Bangun Kantor Bupati Sikka, Fraksi PDIP Menolak

MAUMERE, FBC - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sikka menolak rencana pemerintah kabupaten Sikka membangun kantor bupati Sikka.

Penolakan fraksi PDIP ini disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Sikka dengan materi keterangan pemerintah terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi di gedung DPRD Sikka, Sabtu (27/06/15 ).

 Kantor bupati Sikka di jalan El Tri yang selama ini dipergunakan bupati, wakil bupati, sekertaris daerah. ( Foto : FBc/Ebed de Rosary )

Kantor bupati Sikka di jalan El Tri yang selama ini dipergunakan bupati, wakil bupati, sekertaris daerah. ( Foto : FBc/Ebed de Rosary )

Penolakan pemerintah ini dibacakan untuk menanggapi keterangan pemerintah yang disampaikan Bupati Sikka, Drs.Yoseph Ansar Rera. Menurut Fraksi PDIP, masih banyak kebutuhan massyarakat yang belum terlayani dengan baik.

Sementara itu Fraksi PKPI Indonesia dalam pendapatnya menyayangkan jawaban pemerintah yang mengatakan ada kesepakatan sistem multi years untuk membangun kantor bupati Sikka dengan pagu anggaran 25 sampai 32 miliar rupiah.

“ Kapan sudah ada kesepakatan? Kalau sudah sepakat tentu sudah ada alokasi dananya. Jawaban pemerintah ini menjebak. Kalau tahun tunggal PKPI setuju tapi untuk tahun jamak kami tidak menyetujuinya “ ujar Afridus Aeng, juru bicara fraksi.

Selain kedua fraksi ini, fraksi partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, Hanura dan Nasdem menyetujui rencana pemerintah ini. Pada dasarnya sebut Philipus Fransiskus yang mewakili PAN, fraksinya menyetujui pembangunan ini, hanya pemerintah perlu membuat kajian teknisnya, gambaran tentang angkanya dan grand design nya dahulu.

Setuju Dibangun

Sementara itu dalam rapat di komisi II DPRD Sikka yang berlangsung, Selasa ( 30/06/15 ) komisi menyepakati pembangunan kantor bupati Sikka di tahun 2016 sesuai usulan bupati Sikka. Rapat panitia khusus (Pansus) yang dihadiri kepala Dinas Pekerjaan Umum Pertambangan dan Energi Sikka, Fred K. Djen, dan Sekretaris dinas Femy Bapa ini menyetujui pembangunan kantor bupati Sikka dengan sistem multi year.

Pagu anggaran yang ditetapkan untuk membangun kantor bupati Sikka yang baru ini sebesar 25 miliar rupiah dan tahap pertama digelontorkan dana sebanyak 7,5 miliar.rupiah.

Sebelumnya, Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera dalam nota pengantar tentang Rencana Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Prioritas Plafon Sementara Anggaran ( KUA-PPAS ) Tahun Anggaran 2016 mengusulkan pembangunan Kantor Bupati Sikka senilai 50 miliar rupiah dengan sistem multi years, dan tahap pertama dikerjakan dengan anggaran 17 miliar rupiah.

“ Nantinya kami akan selenggaran sayembara design kantor bupati Sikka sesuai ikon Sikka. Nantinya itu akan dipresentasikan sehingga tahun 2016 sudah bisa mulai dikerjakan. Pembangunannya kan sudah disepakai tinggal dimulai. Pertanyaannya, kapan dimulai? Ya, sekarang kita mulai bangun,“ tegas Ansar menanggapi pendapat fraksi dalam sidang paripurna.

Disaksikan FBC di kantor DPRD Sikka, meski belum adanya kesepahaman mengenai rencana pembangunan yang memakai sistem multi years namun komisi II tetap merekomendasikan agar pembangunannya dilanjutkan.Pertimbangannya, kantor bupati saat ini sudah tidak memadai.
Jika benar jadi dibangun, maka sudah bisa dipastikan dalam tahun 2016 bupati, wakil bupati, seekertaris daerah dan staff lainnya akan berkantor sementara di bekas kantor bupati Sikka lama di jalan Achmad Yani Maumere. Kantor yang dahulunya di tahun 2011 gagal dibangun meski sudah dilaksanakan pengerjaan pemasangan tiang pancang, kemungkinan akan ramai kembali.

Pasalnya sejak relokasi pengungsi Palue ke pulau Besar akhir Desember 2014 kantor bupati Sikka yang sudah ditempati pengungsi sejak Agustus 2013 ini tidak terurus. Disaksikan FBC di lokasi kantor sampah berserakan dimana-mana. Rumput pun terlihat menjulang di areal kantor khusunya di bekas bangunan tiang pancang. ( ebd )

Pemkab Sikka Usulkan Kenaikan Gaji dan Tunjangan Bupati, DPRD dan PNS

Next Story »

Toko Pasifik Terbakar, Diduga Karena Korslet Jaringan Listrik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *