Ben Mboi Diusulkan jadi Nama Pelabuhan Tenau

KUPANG. FBC- Semua mantan Gubernur NTT yang sudah meninggal dunia, telah diabadikan namanya untuk bandara, jalan  dan pelabuhan. Karena itu berbagai pihak di Kupang mengusulkan agar nama mantan Gubernur NTT, almarhum Ben Mboy juga bisa diabadikan misalnya untuk nama Pelabuhan Tenau Kupang diganti menjadi Pelabuhan Ben Mboy.

Anggota DPRD NTT dari Fraksi PKB, Aleta Baun

Anggota DPRD NTT dari Fraksi PKB, Aleta Baun

Usulan itu pertama disampaikan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD NTT. Fraksi ini meminta pemerintah setempat memberikan tanda penghargaan kepada Gubernur NTT, Ben Mboi yang baru meninggal beberapa lalu, berupa pemberian nama pelabuhan laut Tenau Kupang menjadi pelabuhan laut Ben Mboi Tenau Kupang.

“Pemberian nama untuk pelabuhan Tenau Kupang kepada Ben Mboy mengingat jasanya yang besar bagi bangsa dan daerah ini. Untuk itu sudah sepantasnya kita memberikan penghormatan dan penghargaan kepada beliau,” kata Fraksi PKB melalui juru bicara, Aleta Baun saat membacakan pendapat akhir fraksi tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD NTT Tahun 2014 di Kupang, Senin (6/7/2015) lalu.

Fraksi PKB, kata Aleta, mengajak anggota DPRD NTT untuk menoleh kebelakang dan berefleksi, tentang apa yang sudah diperbuat bagi daerah ini, bagi kepentingan rakyat atau hanya berpikir sudah berapa banyak yang didapat. Dalam tataran ini, mari kita mengabdi bagi daerah ini sebagaimana telah ditunjukkan oleh Ben Mboi.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua DPW PKB NTT, Yucundus Lepa. Kepada wartawan di Kupang, Rabu, 08 Juli 2015 Lepa mengatakan, Fraksi PKB DPRD NTT mengusulkan hal itu karena ketika memimpin, almarhum Ben Mboy juga memberikan perhatian besar kepada pembangunan kemaritiman di daerah ini.

“Saya kira pantas untuk kita kenangkan jasa beliau dengan mengabadikan namanya pada Pelabuhan Tenau Kupang menjadi Pelabuhan Ben Mboy Kupang,” kata Lepa.

Pelabuhan Tenau Kupang (Foto : Dokumentasi FBC)

Pelabuhan Tenau Kupang (Foto : Dokumentasi FBC)

Wakil Gubernur NTT, Benny Alexander Litelnoni yang dimintai komentarnya terkait usulan tesebut mengatakan, dirinya memberi apresiasi kepada Fraksi PKB yang sudah mengusulkan pergantian dan pemberian nama Pelabuhan Tenau.

Dia mengatakan, pemerintah masih perlu mengkaji usulan tersebut karena harus disesuaikan dengan regulasi yang ada. Pasalnya, pergantian nama juga harus dikonsulatasikan ke pemerintah pusat.

“Saya akan minta instansi terkait untuk melakukan pengkajian dan harus membahasnya dengan pemangku kepentingan, sehingga pergantian nama Pelabuhan Tenau Kupang dengan Pelabuhan Ben Mboi mendapat dukungan penuh pemerintah pusat,” ujarnya. (oni)

Temuan Baru Sebaran Populasi Komodo Melalui Kamera Trap

Next Story »

7 Jam KMP Sirung Kandas di Dermaga Deri, 178 Penumpang Dievakuasi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *