Bandara El Tari Buka Posko Lebaran

KUPANG. FBC- Menghadapi lonjakan penumpang yang pergi dan datang ke Bandara El Tari Kupang menjelang Hari Raya Idil Fitri dan setelahnya, pihak Angkasa Pura (AP) I Bandara El Tari Kupang sudah membuka Posko Lebaran di bandara itu sejak pekan lalu.

“Kita buka Posko lebih awal guna membantu masyarakat mendapatkan informasi tentang angkutan penumpang di Bandara El Tari terutama untuk jalur penerbangan ke luar NTT,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, I Gede Arnawa.

Bandara El Tari Kupang

Bandara El Tari Kupang

Dihubungi melalui telepon, Kamis 9 Juli 2015, Arnawa mengatakan, Angkasa Pura setiap tahun selalu membuka Posko di Bandara. Posko itu dibuka terutama menjelang dan sesudah hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Karena pada saat-saat seperti itu, selalu terjadi lonjakan penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Richard Djami yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, Dinas Perhubungan NTT akan membuka Posko Mudik Lebaran Tahun 2015 mulai H-7 sampai H+7 untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan merayakan Lebaran.

“Posko ini akan dipusatkan di Kantor Dinas Perhubungan NTT dan dibantu Posko lainnya di Bandara El Tari, Pelabuhan Tenau dan Kantor PT ASDP di Bolok,” kata Richard Djami.

Dikatakannya, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait agar bisa bekerja lebih maksimal terutama tidak adanya penumpakan bahan-bahan kebutuhan pokok di pelabuhan Tenau Kupang dan Pelabuhan ASDP Bolok.

Menurutnya, PT Pelni juga diminta untuk memperhatikan penumpang lanjutan menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri dengan memfasilitasi angkutan penumpang ke daratan Timor bekerja sama dengan Perum Damri atau perusahaan angkutan penumpang lainnya.

“ Kami sudah mengecek kesiapan semua institusi menghadapi mudik lebaran tahun ini. Bahkan, PT Pelni dan PT Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang sudah membuka Posko sejak minggu lalu, untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang akan mudik ke kampung halamannya,” ujarnya.

Untuk mendukung arus mudik di dalam daerah ini kata Richard Djami, PT ASDP dan PT Flobamor tetap siap mengantisipasi melonjaknya penumpang ke sejumlah lintasan selama masa liburan dengan armada yang dimiliki.

General Manager PT ASDP Kupang, Arnld Jansen yag juga dihubungin terkait hal itu mengatakan, perusahan yang dipimpinnya sudah siap untuk memperbanyak freakwensi pelayaran jika terjadi lonjakan penumpang ke daerah-daerah yang ingin menggunakan jasa penyeberangan KMP Feri.

“Setiap tahun kami selalu menyiampkan pelayaran tambahan jika ada lonjakan penumpang menjelang dan pasca hari Raya,” katanya. (oni)

7 Jam KMP Sirung Kandas di Dermaga Deri, 178 Penumpang Dievakuasi

Next Story »

Jalan Menuju Kapela Balawelin Rusak Parah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *