Terjun Payung Meriahkan Acara Puncak Ekspedisi NKRI

Seorang penerjun payung pada acara puncak kegiatan ekspedisi NKRI. (Foto : FBC/Kornelius Rahalaka)

Seorang penerjun payung pada acara puncak kegiatan ekspedisi NKRI. (Foto : FBC/Kornelius Rahalaka)

LABUAN BAJO, FBC-Atraksi terjun payung mewarnai acara penutupan ekspedisi NKRI yang digelar di Pantai Goron Talo, Labuan Bajo, Sabtu (6/6/2015).

Selain terjun payung, acara puncak ekspedisi NKRI yang dihadiri Wakil Komandan Satuan Angkatan Darat, Letjen TNI M. Munir juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti olahraga bela diri, permainan bola api, tarian dundudake yang dibawakan oleh ratusan pelajar se-kota Labuan Bajo.

Acara puncak ekspedisi NKRI ini dimulai Pkl. 09.00 Wita dihadiri petinggi TNI dari tiga angkatan yakni Angkatan Darat, Laut dan Udara serta Polri dan ribuan warga kota Labuan Bajo dan sekitarnya. Wakil Kasat (Wakasat) Letjen TNI M.

Munir dalam sambutan tertulis menyatakan, kegiatan ekspedisi NKRI merupakan sebuah langkah maju dan strategis bagi para prajurit TNI- Polri untuk mengenal lebih dekat tentang teritori NKRI serta berbagai kekayaan sumber daya alam baik di laut maupun di darat yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Dijelaskan, kegiatan yang berlangsung sejak 3 Februari 2015 lalu antara lain melakukan penelitian di darat dan laut tentang berbagai realitas kehidupan social masyarakat, ekonomi, budaya serta pertahanan dan keamanan di wilayah koridor Bali dan Nusa Tenggara. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun rasa cinta tanah air dan mendorong kerjasama semua pihak dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indoensia (NKRI).

”Kegiatan ekspedisi NKRI ingin mendorong rasa cinta tanah air dan bela negara serta ingin mengetahui secara lebih dekat kekayaan sumber daya alam Indonesia,”ujar M. Munir.

Tim ekspedisi NKRI koridor Bali-Nusa Tenggara melibatkan  1.300 personil TNI-Polri dengan melakukan berbagai kegiatan seperti bhakti social pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, rumah sakit, air minum dan fasilitas publik lainnya serta penelitian terhadap flora, fauna serta kehidupan sosial budaya masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indoensia dan LIPI. Kegiatan ekspedisi NKRI juga bertujuan untuk mendorong generasi muda untuk cinta pada tanah air serta menjaga dan merawat segala kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Wakasat M. Munir juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih berlimpah kepada para peneliti, prajurit TNI-Polri, masyarakat Bali-Nusa Tenggara serta semua pihak yang telah bekerjasama mensukseskan kegiatan ekspedisi kali ini.

Ekspedisi NKRI tahun ini dibagi dalam beberapa korwil dengan acara puncak ekspedisi NKRI untuk kawasan Bali-Nusa Tenggara dipusatkan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Menurut rencana, tahun depan kegiatan ekspedisi NKRI akan dilaksanakan di Propinsi Papua Barat.(Kornelius Rahalaka)

Warga Lembor Keluhkan Buruknya Infrastruktur Publik

Next Story »

Tim Ekspedisi NKRI Temukan Kima Raksasa

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *