Menteri Arief : “Potensi Pariwisata Besar, Namun Kurang Dipromosi”

Pesona wisata alam danau tiga warna; Kelimutu yang menjadi magnet bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi kota Ende. (Foto : FBC/Karolus Naga)

Pesona wisata alam danau tiga warna; Kelimutu yang menjadi magnet bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi kota Ende. (Foto : FBC/Karolus Naga)

ENDE, FBC-Menteri Pariwisata,  Arief Yahya, usai memimpin upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila di Ende, Senin, (1/6/2015 ), kepada sejumlah wartawan menjelaskan,  Ende-Flores dan NTT secara umum memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Sayangnya, potensi tersebut kurang dipromosikan kepada para wisatawan.

Ia menjelaskan,  seperti halnya danau tiga warna Kelimutu jumlah pengunjung berkisar 15 ribu. Pasalnya dengan jumlah tersebut masih sangat minim karena kurang menjual ke negara-negara lain.

“Potensi kita sangat besar tetapi kelemahanya pada promosi. Seperti danau Kelimutu itu sangat bagus tetapi kurang promosi,”ujarnya

Kehadirannya ke Ende, jelas Menteri Arief selain memimpin upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila ke-70, ia juga akan berupaya untuk mempromosikan. Ia berjanji akan mempromosikan potensi wisata Flores di tingkat nasional bahkan internasional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) didampingi Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Mariaus Jelamu (kiri) dan Bupati Ende Marselinus Y.W Petu (ke-3 dari kiri) menuju Taman Bung Karno usai upacara bendera memperingati hari lahirnya Pancasila pada Senin guna mengikuti kegiatan dialog interaktif bersama warga kota Ende.1/6/2015   (Foto: FBC/ Ian Bala)

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) didampingi Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Mariaus Jelamu (kiri) dan Bupati Ende Marselinus Y.W Petu (ke-3 dari kiri) menuju Taman Bung Karno usai upacara bendera memperingati hari lahirnya Pancasila pada Senin guna mengikuti kegiatan dialog interaktif bersama warga kota Ende.1/6/2015 (Foto: FBC/ Ian Bala)

“Saya datang ke sini membantu promosi Ende pada khususnya dan NTT pada umumnya. Nanti saya akan bantu promosi,”kata Menteri Arief Yahya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur, Mariaus Jelamu pada kesempatan yang sama menjelaskan,  NTT memiliki banyak potensi wisata yang mampu dijual ke luar daerah namun saat ini masih diupayakan untuk memperkenalkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dikatakan Kadis Jelamu, potensi wisata di Ende dan di Labuan Bajo merupakan branding bagi wisata-wisata lainnya di daratan Flores dan NTT umumnya. Saat ini pihaknya masih berusaha untuk bekerja sama dengan berbagai organisasi yang bergerak di bidang pariwisata.

“Kita akan terus berupaya mempromosikan seperti potensi-potensi lainnya. Misalnya Kelimutu. Ini sangat pengaruh destinasi lainnya di Nusa Tenggara Timur,”ujarnya.

Ia menuturkan Ende salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata. Sebagai destinasi utama adalah danau Kelimutu. Permasalahan yang terjadi adalah menentukan pintu masuk pariwisata.

“Pintu masuk selama ini melalui Labuan Bajo, Maumere, Kupang dan Tambaloka. Ini akan kita gabungkan menjadi satu kesatuan sehingga ada pemerataan wisatawan,”tambahnya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, kata dia, pariwisata menjadi peranan penting untuk mendongkrak dan membeck up lima pilar ekonomi yang dikembangkan Presiden Jokowi yakni pengembangan pangan, maritim, pariwisata, industri dan energi.

Ia menambahkan meningkatnya lima pilar ekonomi tersebut harus didukung oleh infrastruktur sebagai letak dasar pengembangan ekonomi Indonesia khususnya NTT yang akan datang.

“Infrastruktur sangat penting karena itu adalah dasar untuk mengembangkan potensi wisata kita,”tutur Jelamu.

Ia berharap event tersebut akan menjadikan event untuk memacuhkan prtumbuhan ekonomi dan pariwisata. Sehingga para wisatawan tidak langsung menuju wisata alam tetapi juga terlibat dalam wisata sejarah.

“Kita akan terus kembangkan ivent ini sebagai ivent wisata sejarah.”Katanya. (Ian Bala)

Peringati Hari Lahir Pancasila, Menteri Pariwisata Kunjungi Ende

Next Story »

TNI Gelar Lomba Lari Ekspedisi NKRI

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *