Promosikan Wisata, Kapolda NTT Bersama Tim Bersepeda Keliling Flores

Rombongan sepeda wisata saat menanjak di Heras yang berarak sekitar 8 kilometer arah barat kota Larantuka. ( Foto : FBc/ Ebed de Rosary )

Rombongan sepeda wisata saat menanjak di Heras yang berarak sekitar 8 kilometer arah barat kota Larantuka. ( Foto : FBc/ Ebed de Rosary )

MAUMERE, FBC – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama tim sepeda, Selasa (05/05/2015) sore sekitar pukul 15.00 Wita melakukan perjalanan darat mengendarai sepeda dengan mengambil titik start di Larantuka kabupaten Flores Timur yang terletak di ujung timur pulau Flores dan berakhir di Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat di ujung barat pulau Flores. Titik start dilakukan di depan markas kepolisian resort (Mapolres) Flores Timur dengan diikuti sekitar 70 peserta.

Kapolda NTT, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Drs. Endang Sanjaya, SH, MH kepada wartawan yang menemuinya  di Mapolres Sikka mengatakan, propinsi NTT ini begitu luas dan potensi wisatanya begitu banyak sehingga membuat dirinya bersama team sepeda sengaja melakukan kegiatan bersepeda keliling Flores.

Selama ini sebut Brigjen Pol. Endang, dirinya melihat warga negara asing saja sudah berapa kali mereka melakukan perjalanan menggunakan sepeda keliling Flores sehingga menyebabkan dirinya bersama komunitas sepeda terpacu ingin melakukan hal yang sama.

“ Kami mencoba melakukan perjalanan dari Larantuka ke Labuan Bajo. Kita melihat situasi dan lingkungan kita begitu indahnya, sehingga saya selaku Kapolda mencoba menggalakan ini biar masyarakat termasuk dunia luar bisa melihat dan mengetahui salah satu kegiatan bersepeda di Flores begitu nikmatnya seperti di negara luar,“ ujarnya.

Masyarakat Antusias

Sebelum start terlihat para peserta bersantai dan melakukan pemanasan di Mapolres Sikka. Beberapa peserta juga sibuk memeriksa kelengkapan sepeda. Perjalanan yang dilakukan jelas Kapolda Endang direncanakan memakan waktu 4 hari dimana team akan bergerak pagi hari hingga malam. Jarak yang akan ditempuh nantinya diperkirakan sekitar 650 kilometer. Setelah menempuh jarak 20 kilometer, tim akan berisitirahat sebentar dan kembali melanjutkan perjalanan.

Kapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Endang Sanjaya, SH,MH ( kedua kanan ) bersama wakil bupati Flotim, Valens Tukan ( kedua kiri ) dan Kapolres Flotim, AKBP Dewa Putu Gede Artha ( kiri ) memberikan keterangan sebelum start di Mapolres Flotim. ( Foto : FBC/ Ebed de Rosary )

Kapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Endang Sanjaya, SH,MH ( kedua kanan ) bersama wakil bupati Flotim, Valens Tukan ( kedua kiri ) dan Kapolres Flotim, AKBP Dewa Putu Gede Artha ( kiri ) memberikan keterangan sebelum start di Mapolres Flotim. ( Foto : FBC/ Ebed de Rosary )

Jumlah peserta bersepeda beber Endang terdiri dari Polda NTT 50 orang belum ditambah team dari komunitas sepeda di setiap kabupaten yang mengikuti hingga ke perbatasan antara dua kabupaten.

Kapolda Endang yang kembali diwawancarai setelah tiba di Mapolres Sikka, Maumere, Rabu (06/05/2015) menyebutkan, setelah menempuh perjalanan dari Larntuka hingga Maumere, dirinya melihat kebersamaan dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) di tiap daerah. Masyarakat umum ungkapnya, juga sangat antusias dan welcome, mereka begitu bersahabat menerima kami.Inilah suatu bukti kebersamaan kata Endang yang harus kita ciptakan.

“ Saya juga ingin mengetahui dan merasakan bagaimana suasana di Polsek sebab selama ini kita kan biasa menginap di hotel. Dari mereka juga, kita ingin mendengar keluhan – keluhan dan masukan yang harus kita tindak lanjuti dan dilaporkan ke atasan “ tuturnya.

Ditambahkan Endang, perjalanan sepeda wisata yang ditempuh kemarin, Rabu (05/05/2015) hingga Kamis (06/05/2015) sungguh mengasyikkan.Dengan bersepeda sambungnya, bisa memperkenalkan ke dunia luar bahwa inilah suasana Flores yang begitu indah, susasananya sejuk dan banyak pohon serta pemandangan yang indah. Selepas perbatasan kabupaten Sikka, ungkap Endang, ada tim yang sudah menunggu dan menghantar ke perbatasan kabupaten berikutnya.

Track Menantang

Pak Ali salah seorang peserta sepeda santai dari Brimob (Brigade Mobil) Polda NTT, menuturkan kepada FBC, memang sebelum Kapolda saat ini, kapolda sebelumnya juga selalu menggalakan kegiatan bersepeda. Ali yang sebelumnya bertugas di Polair menambahkan, team dari Polda NTT berjumlah 22 orang tahap awal yang tiba hari Senin (04/03/2015). Baru kali ini tutur Ali, dirinya mencoba lintasan di Flores karena mengetahui bahwa track di Flores sangat menantang dan pemandangan alamnya indah.

“ Kami kemarin juga sudah mulai latihan. Situasinya enak, nyaman serta udaranya bagus dan bersih dikarenakan banyak pepohonan tumbuh di sekitar jalan raya.Selain itu, tanjakannya pun banyak sehingga membuat kami tertantang meski kami sudah terbiasa dan anggap hal ini biasa saja,“ kata Ali.

Kapolres Sikka, AKBP Budi Hermawan, SIK yang ditanyai wartawan sebelum rombongan start dari Maumere menuju Ende mnejelaskan. Team sepeda wisata akan beristirahat setiap 20 kilometer di tenda atau di Polsek yang ada sejak awal dari Larntuka hingga Labuan Bajo. Team akan bertolak dari Maumere jam 15.00 wita dan rencananya nanti malam menginap di polsek Wolowaru serta besok pagi bertolak menuju Ende dan seterusnya melintasi jalan trans selatan Flores.

Tim dari Maumere Bike Cycling Club (MBCC) yang menjemput diperbatasan beber AKBP Budi, berjumlah sekitar 20 orang dan dari polsek Waigete juga ada team dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yakni dari Kodim 1603 Sikka dan Lanal Maumere berjumlah sekitar 20 orang.Semua anggota team sambungnya, akan mengawal hingga ke perbatasan antara kabupaten Sikka dan Ende.

Disaksikan FBC, Kapolda bersama rombongan Kapolres Flotim serta wakil bupati Flotim, Valens Tukan, start dari Larantuka pukul 15.00 wita dan berisitrahat di Bama, Lewolaga serta menginap di Boru kecamatan Wulanggitang. Rabu (06/05/2015) team bertolak dari Polsek Boru sekitar pukul 06.00 Wita dan dijemput di perbatasan oleh Kapolres Sikka, AKBP Budi Hermawan, SIK beserta rombongan sepeda dari MBCC. Selepas dari perbatasan, team beristirahat di polsek pos polisi Nebe, Waigete dan Mapolres Sikka.

Selama perjalanan, rombongan didampingi motor dan mobil dari kepolisian dan juga team kesehatan yang membawa sebuah mobil ambulance beserta tenaga medis. Hampir semua peserta terlihat bersemangat.Masyarakat pun terlihat antusias menyaksikan dengan berdiri di sepanjang jalan.

Beberapa peserta yang ditemui saat tiba di Mapolres Sikka,terlihat bersemangat dan terpesona akan keindahan alam yang dijumpai selama perjalanan dimana waktu istirahat dimanfaatkan dengan berfoto bersama dengan latar belakang laut. (ebd)

Dugaan Korupsi Dana Gereja, Jaksa Masih Tunggu Pemeriksaan BPK

Next Story »

Konsolidasi Golkar NTT, Pengangkatan PLT untuk Menjalankan Roda Partai

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *