Para Jurnalis Diminta Tetap Independen

RUTENG,FBC-Para jurnalis yang bertugas di Kabupaten Manggarai diminta untuk tetap mengedepankan independensi dalam setiap pemberitaan. Selain itu, para jurnalis juga diharapkan untuk check and balances dalam melakukan tugas jurnalistik.

Kadis Perhubungan, Informatika dan Komunikasi Manggarai, Apri Laturake (Foto-Dok/FBC)

Kadis Perhubungan, Informatika dan Komunikasi Manggarai, Apri Laturake (Foto-Dok/FBC)

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi Kabupaten Manggarai, Apri Laturake dalam pertemuan dengan 20-an jurnalis yang bertugas di Kabupaten Manggarai, di Ruteng,Selasa (19/5).

Dikatakan Kadis Laturake, tahun ini di Kabupaten Manggarai akan menggelar hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Karena itu, peran jurnalis sangat penting dalam menyebarluaskan informasi dan memberikan motivasi agar meningkatkan partisipasi pemilih.

Selama ini, lanjut Kadis Laturake, bahwa banyak sekali keluhan tentang rendahnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu baik Pilpres, Pileg, Pilgub maupun Pilkada. Hal itu kiranya menjadi perhatian bersama, tidak saja penyelenggara Pemilu atau pemerintah, tetapi semua komponen dalam masyarakat termasuk para jurnalis.

Para jurnalis harus juga aktif memberikan pencerahan kepada masyarakat soal pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu. “Saya minta bantuan kawan-kawan jurnalis juga untuk beri motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya Pemilu. Tidak saja lewat pemberitaan, juga yang paling penting saat berinteraksi dengan masyarakat setiap hari. Ini penting sekali agar partisipasi pemilih bisa kian terus meningkat,”katanya.

Partsisipasi masyarakat dalam pemilu sangat penting, demikian KadisLaturake, karena dalam konteks peningkatan mutu dan kualitas suatu pesta demokrasi. Semakin banyak warga yang berpartisipasi dalam Pemilu, tentu semakin baik juga kualitas Pemilu tersebut. Dan, dalam kaitan dengan Pilkada tahun ini, semua pasti sepakat agar partisipasi warga harus lebih tinggi dari sebelum-sebelumnya.

“Karena itu, saya meminta para jurnalis yang bertugas di Manggarai untuk selalu menjaga independensinya dan melakukan check and balance agar dalam pemberitaan tetap berimbang, lengkap dan akurat,”katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Diseminasi, Yos Moi menambahkan, jurnalismemiliki peran penting dalam memberikan pencerahan dan perubahan suatu bangsa, daerah, dan masyarakat. Peran itu telah dilaksanakan para jurnalis sejak dahulu sampai sekarang dan sudah pasti untuk masa mendatang juga.
.
“Jadi, peran media sangat penting dalam mengubah pola pikir masyarakat. Kita ingin terus bangun komunikasi dengan para jurnalis yang bekerja di Manggarai untuk bersama-sama membangun daerah ini,” tambah Moi.(Dus)

Pencurian di Lewoleba Semakin Marak

Next Story »

Harkitnas, Menteri Puan Usulkan Ende Sebagai Kota Soekarno

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *