Musik Bambu

Musik Bambu
Musik Bambu
Musik Bambu
Musik Bambu
Musik Bambu
Musik Bambu
Musik Bambu
Musik Bambu
Musik Bambu

DI Indonesia setidaknya terdapat 159 jenis tanaman bambu (Bambuseae) dan enam jenis di antaranya tumbuh subur di Flores yakni: bambu petung, pering, belang, suling, gurung, dan bambu to’e. Masyarakat Flores sudah tidak asing dengan pemanfaatan tanaman bambu dalam kehidupan sehari-harinya. Mulai dari dinding rumah (halar), atap, senjata, hingga menjadikannya sebagai alat musik.

Warga Kampung Wogo, Desa Ratugesa, dan Desa Malanuza, Kabupaten Ngada, selain memanfaatkan bambu sebagai bahan bangunan juga sebagai alat musik. Ini ditunjukan dengan dibentuknya ‘Sanggar Satu Tekad’ yang telah mengikuti berbagai festival seni di berbagai penjuru Nusantara dan menorehkan beberapa prestasi yang membanggakan.

Bertolak belakang dengan prestasi yang diraih, minat kaum muda untuk mengikuti kegiatan bermusik sangat minim. Hal ini menjadi perhatian Yayasan Kelola-lembaga nirlaba yang memberikan dana hibah untuk berkesenian- yang bekerja sama dengan PNPM memberikan dukungan kepada keberlangsungan tradisi kesenian musik bambu di Kabupaten Ngada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. (*)

Teks & Foto: Karolus Naga

Batu Penopang Langit

Next Story »

Mencumbu Pasir Putih Pulau Meko

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *