Kapolda NTT Janjikan Mapolres Matim

Tur sepeda lintas Flores dalam rangka promosi wisata daerah Flores (Foto : FBC/Ebed de Rosary)

Tur sepeda lintas Flores dalam rangka promosi wisata daerah Flores (Foto : FBC/Ebed de Rosary)

BORONG, FBC-Menyadari pentingnya kehadiran sebuah institusi Kepolisian Resort (Polres) di suatu wilayah maka manajemen Markas Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur segera meresmikan berdirinya Polres Manggarai Timur. Pasalnya beberapa hajatan besar seperti pemiluka menutut suatu aparat yang memadai guna menjaga dan menciptakan keamanan dan ketertiban daerah.

“Saya segera meresmikan Mapolres Manggarai Timur. Secepatnya saya resmikan,” ujar Kapolda NTT, Brigjen Pol Drs. Endang Sanjaya dalam sambutan singkatnya di aula rumah jabatan Bupati Manggarai Timur, Jumat (8/5/2015) malam.

Kehadiran Kapolda Endang bersama pendamping dari polda setempat di Matim merupakan bagian dari tur sepeda lintas Flores dalam rangka promosi wisata daerah Flores. Kegiatan sudah mulai berjalan sejak beberapa hari lalu yang dimulai dari Larantuka Kabupaten Flores Timur dan akan berakhir di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.

Rombongan Kapolda NTT yang tergabung Turangga Cycling Club terdiri dari anggota Mapolda NTT dan beberapa pencinta sepeda.
Kehadiran Kapolda NTT bersama rombongan di Borong diterima secara adat di pintu gerbang rumah jabatan Bupati Manggarai Timur.

Setelah diterima secara adat penyambutan melalui seekor ayam jantan dan satu botol bir rombongan diajak masuk ke aula. Setibanya dalam aula dilanjutkan dengan acara adat kapu. Inti acara kapu adalah ungkapan rasa hormat dan bangga sekaligus menerima kehadiran Kapolda NTT bersama rombongan sebagai anak Manggarai Timur.

Kehadiran Kapolda NTT Brigjen Pol Drs. Endang Sanjaya bersama rombongan di Borong diterima secara adat (Foto : FBC/Kanis Lina Bana)

Kehadiran Kapolda NTT Brigjen Pol Drs. Endang Sanjaya bersama rombongan di Borong diterima secara adat (Foto : FBC/Kanis Lina Bana)

Menurut Kapolda NTT, Endang Sanjaya, Mapolres Manggarai Timur akan diresmikan dengan meningkatkan status Kapolsek Borong. Semua aset Kapolres Borong menjadi pusat pelayanan Polres Manggarai Timur. Sedangkan Polsek Borong akan dipindahkan ke Lehong di tanah yang disiapkan Pemerintah Daerah Manggarai Timur.

“Lokasi Polsek Borong jadi Mapolres Manggarai Timur dan Polsek Borong pindah ke tanah 1 ha yang disiapkan Pemda Matim,” katanya.

Menyambut kehadiran Kapolda NTT di Borong jajaran pemerintah setempat sudah siap di rujab Bupati Matim sejak jam 5.30 Wita. Wakil Bupati Manggarai Timur, Ande Agas, SH.MHum, Sekda Matim, Drs. Mathaeus Ola Beda dan sejumlah Kepala Dinas di lingkup Setda Matim turut hadir. Dua utusan Pemda Matim yakni, Asisten II, Drs. Fansy Jahang dan Kabag Humas, Bony Say, S.Sos menjemput rombongan Kapolda di Jembatan Wae Mokel, perbatasan Matim dengan Ngada.

Sedang Bupati Matim, Drs. Yoseph Tote, M.Si tidak ada di tempat karena ada kunjungan kerja ke Elar. Bupati Yoseph tiba di rujab ketika rombongan Kapolda NTT sudah siap masuk kendaraan menuju Ruteng. Keduanya sempat salaman sebelum Kapolda NTT masuk kendaraan.

Untuk diketahui usulan berdirinya Mapolres Matim sudah diwacanakan sejak Kabupaten Manggarai Timur resmi didirikan 23 Nopember 2007 lalu. Pimpinan wilayah setempat selalu melakukan komunikasi agar Mapolres Matim segera terbentuk, namun sampi tujuh tahun berjalan Polres Matim belum terbentuk. Sementara fasilitas tanah untuk Mapolres Matim sudah disiapkan.

“Kita harapkan apa yang dijanjikan Kapolda NTT segera direalisasikan,” ujar salah seorang yang enggan menyebutkan namanya yang turut terlibat menanti kehadiran rombongan Kapolda NTT.

Laporan Kanis Lina Bana, Kontributor FBC Matim

Ketua DPRD NTT Tidak Melarang Anggota Dewan Bicara

Next Story »

Berantas Narkotika, Tes Urine Harus Mulai dari Wakil Rakyat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *