Dukung Pembangunan Desa, Pemda Matim Alokasi Dana Rp. 100 Miliar

BORONG, FBC-–Guna mendukung pemerataan, akselerasi dan percepatan pembangunan di tingkat desa, maka pada tahun anggaran 2015 pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur mengalokasi dana sebesar Rp 100 M lebih. Setiap desa mendapat jatah Rp 500 juta lebih dan peruntukannya sesuai petunjuk teknis, musyawarah desa dan kebutuhan riil masyaakat.

Demikian disampaikan Bupati Manggarai Timur, Drs. Yoseph Tote, M.Si dalam sambutan pelantikan sembilan orang kepala desa di wilayah Kecamatan Poco Ranaka, Kamis (21/5/2015).

Sembilan kepala desa yang dilantik itu yakni, Kades Bangka Pau, Hironimus Pengko, Kades Bangka Kuleng, Wihelmus Harum, Kades Bea Waek, Daniel Dagus. Kades Compang Laho, Anjelinus Aman, Kades Golo Nderu, Gaspar Hasan, Kades Golo Ndari Siprianus Sanar, Kades Gurung Turi, Erenius Markus Nedar, Kades Leong Yohanes Jeharu, dan Kades Pocong Aloisius Samit. Pelantikan berlangsung di Aula Paroki Mano.

Bupati Yosep Tote menegaskan, kucuran dana sebesar Rp 500 juta per desa merupakan bagian dari tanggung daerah dalam mempercepat pembangunan di tingkat desa. Prosentase penggunaan keuangan tersebut yakni, 30 persen  untuk gaji aparatur desa, sedangkan 70 persen untuk pembangunan infrastruktur desa.

Operasionalisasi keuangan mengacu pada Rencana Pembanngunan Jangka Panjang dan Menengah Desa (RPJMDes). Karena itu usai pelantikan segera melakukan hal-hal strategis perencanaan sehingga alokasi dana tersebut bisa diserap pada waktunya dan tepat sasaran. Artinya hindari friksi-friksi di tingkat desa, tetapi membangunan kerja sama dan sama-sama kerja sehingga kebutuhan ril masyarakat bisa terjawab.

Selain itu dalam pelaksanaan tugas dan fungsi harus taat asas, hindari tebang pilih dalam pelayanan kepada masyarakat hanya karena dendam politik. Tugas yang dipercayakan masyarakat harus dijalankan dengan baik. Hanya dengan itulah tugas pelayanan pemimpin wilayah desa bisa bernilai bagi masyarakat

Bupati Yoseph Tote menegaskan pengelolaan dana bantuan desa dapat terukur melalui optimalisasi kegiatan di tingkat desa. Itu berarti dana harus dikelola secara baik, terencana dan terukur. Dalam semangat itulah seorang pemimpin senantiasa terpanggil, tergerak untuk memikirkan kepentingan masyarakat, bukan sebaliknya cepat puas, minim improfisasi kegiatan masayarakat. Dalam semangat kerja sama dan tanggung jawab, penuh dedikasi pelaksanaan program lancar dan efektif

“Inspektorat akan rutin memeriksa operasional dana desa tersebut. Tujuanya melihat dan mengetahui keseluruhan proses, penggunaan dana dan sistem pelaporannya. Sebab pencairan dana bertahap itu akan dicairkan tahap berikutnya tergantung penggunaan pada pencairan sebelumnya,” katanya.

Untuk mendukung kelancaran pembangunan di desa, saran Bupati Yoseph Tote, Bupati Tote setiap persoalan yang terjadi di desa diselesaikan dengan cara musyawarah dengan melibatkan seluruh tokoh adat dan elemen masyarakat yang ada di desa tersebut.

Fungsikan rumah adat mbaru gendang sebagai wadah menyelesaikan masalah. Demikian Kades dengan Badan Permusyawaratan Desa perlu membangunan dinamika komunikasi yang harmonis dan berkoordinasi dalam penyelanggaraan
pembangunan desa.

Kades Compang Laho Anggalinus Amat, yang dimintai komentar usai pelantikan, mengatakan siap amanat sebagaimana telah diucapkan dalam sumpahnya. Baginya nilai sebuah sumpah sangat sacral. Sebab selain disaksikan diri sendiri dan orang yang hadir, yang paling penting disadari, sumpah disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan dana bantuan desa berfokus pada Insfrastruktur desa.

Hadir dalam pelantikan ini, Wakil Bupati, Andreas Agas, Staf Ahli Bupati, Asiten, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat Poco Ranaka Yoseph Seber, Pastor Paroki Mano, Rm.Yohanes Fredy Saldi,Pr, Tokoh masyarakat, serta undangan lain.

Laporan Kanis Lina Bana
Kontributor FBC Borong-Manggarai Timur

Beras Sintetis Belum Masuk NTT

Next Story »

Buka Porseni Guru PAUD, Wakil Bupati Lembata Terima Keluhan Belasan Guru Kontrak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *