Jelang Pilkada Manggarai

55 Anggota PPK Kabupaten Manggarai Dilantik

Anggota PPK dan Komisioner KPUD  Manggarai foto bersama usai acara pelantikan di Aula KPUD Manggarai, Kamis (21/5/2015). (Foto/FBC/Sidus Madi)

Anggota PPK dan Komisioner KPUD Manggarai foto bersama usai acara pelantikan di Aula KPUD Manggarai, Kamis (21/5/2015). (Foto/FBC/Sidus Madi)

RUTENG,FBC-Sebanyak 55 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 11 kecamatan di Kabupaten Manggarai dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai, F. Hendrik Dewanto Dao, di Aula KPUD Manggarai, Kamis (21/5/2015).

Pelantikan ke-55 anggota PPK ini selain dihadiri oleh seluruh Komisioner KPUD Manggarai, juga dihadiri anggota Panwas Kabupaten Manggarai dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua KPUD Manggarai F.Hendrik Dewanto Dao, dalam sambutannya mengajak seluruh anggota PPK yang telah dilantik itu untuk bekerja sesuai aturan.

Dia juga berharap, agar proses politik di Manggarai dapat berjalan secara demokratis dan berkualitas untuk kedaulatan rakyat dan menjamin hak pemilih. Karena itu, kata Dao, para anggota PPK yang dipercayakan untuk membantu KPUD Kabupaten Manggarai harus bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya para penyelenggara Pemliu untuk menjaga netralitas dan independensinya sehingga terhindar dari kepentingan golongan dan kepentingan pribadi.

“Saya berharap anggota PPK yang dilantik ini dapat menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu yang mendepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan golongan,”kata Dao.

Sementara Komisioner KPUD, Apolonarius Soleman, kepada FBC usai acara pelantikan 55 anggota PPK tersebut mengatakan, untuk persyaratan dukungan perseorangan adalah 26.836 atau 8,6 persen dukungan dari jumlah penduduk Manggarai yang berjumlah 315.714 jiwa.

Masih terkait persyaratan dukungan calon perseorangan, lanjut Apol, bahwa bagi PNS,TNI dan POLRI tidak diperkenankan untuk memberikan surat pernyataan dukungan kepada calon perseorangan.

”Meski PNS mempunyai hak pilih, tetapi tidak dibolehkan untuk memberikan surat pernyataan dukungan bagi calon perseorangan tertentu,”katanya.

Sedangkan terkait tahapan Pilkada Manggarai yang digelar 9 Desember 2015 mendatang. KPUD Manggarai, kata Apol, saat ini masih dalam tahap konsolidasi kerja-kerja penyelenggara Pemliu baik di tingkat kabupaten, maupun kecamatan dan desa. Termasuk kegiatan bimtek bagi PPK dan PPS nantinya.

Sedangkan untuk kegiatan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih akan mulai dijalankan bulan Juni. “Pada dasarnya, KPUD Manggarai siap menjalankan tugas tugas yang berkaitan dengan Pilkada Manggarai,”imbuhnya.(Dus)

Pelajar SMAN IX Rana Mese Tewas Gantung Diri

Next Story »

Lembata Mengacaukan Sistem Hukum Indonesia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *