Semana Santa, Polres Flotim-Sikka Razia Penumpang Kapal Pelni

Aparat Polres Flotim sedang melakukan razia penumpang kapal Pelni yang merapat di pelabuhan Larantuka. ( Foto : FBC/ Ebed de Rosary

Aparat Polres Flotim sedang melakukan razia penumpang kapal Pelni yang merapat di pelabuhan Larantuka. ( Foto : FBC/ Ebed de Rosary

LARANTUKA, FBC - Kepolisian Resort (Polres) Flores Timur, Kamis ( 02/04/2015 ) sekitar pukul 07.00 wita, kembali mengadakan razia kepada penumpang kapal Umsini yang bersandar di pelabuhan Larantuka sekitar. Kapal milik Pelni yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta menyinggahi Surabaya, Makasar, Maumere dan Larantuka ini mengangkut ratusan penumpang yang turun di Larantuka.

Helena Agustina (24) seorang penumpang kapal asal Surabaya yang datang bersama dua saudarinya sempat kaget saat melihat puluhan aparat kepolisian bersenjata laras panjang berjaga di pintu keluar pelabuhan. Saat dikatakan bahwa akan diadakan pemeriksaan untuk mengantisipasi adanya penyusup terkait penyelanggaraan prosesi dirinya memaklumi.

Helen menuturkan, dirinya bersama saudara datang ke Larantuka untuk mengikuti prosesi Jumad Agung. Dirinya mengetahui prosesi ini dari teman kuliahnya asal Flores dan pemberitaan media massa. Helen bersama kedua saudaranya mengaku baru pertama datang ke Larantuka tetapi dirinya tidak takut sebab sebelumnya segala informasi tentang Larantuka sudah didapat dari temannya dan dari tetangga kakaknya yang pernah mengikuti prosesi ini.

Kasubag Humas Flores Timur, Iptu Erna Romakia ( Foto : FBC/Ebed de Rosary )

Kasubag Humas Flores Timur, Iptu Erna Romakia ( Foto : FBC/Ebed de Rosary )

Disaksikan FBC, sejak pukul 06.30 wita, puluhan anggota polisi berpakaian dinas dengan menenteng senjata laras pendek dan memegang alat metal detector sudah bersiaga di lokasi pelabuhan Larantuka. Ketika kapal Umsini bersandar, pihak kepolisian langsung menutup satu jalur keluar dan para penumpang yang turun hanya melewati satu jalur saja.

Penumpang perempuan diperiksa barang bawaaannya oleh anggota Polwan (polisi wanita) sementara laki-laki ditangani oleh personil laki – laki. Tas dan barang bawaan semuanya dicek di alat metal detector dan dibuka bungkusannya bila mencurigakan. Adanya pemeriksaan menyebabkan arus keluar penumpang sedikit tersendat.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Polres Flotim, Iptu Erna Romakia, yang ditemui FBC di pelabuhan Larantuka usai memantau pelaksanaan pemeriksaan mengatakan, razia ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dalam rangka menghadapi Semana Santa yang ada di Larantuka.

“ Untuk peziarah yang datang ke Larantuka kami himbau untuk mengikuti kegiatan keagaamaan dengan lebih tekun dan tidak perlu cemas karena situasi kondusif,“ himbaunya.

Bagi para peziarah yang akan mengikuti ritual prosesi laut mengantar patung Yesus Wafat di Salib Erna menghimbau agar berangkat dari titik pemberangkatan yang sudah ditetapkan yakni pelabuhan feri Waibalun, pelabuhan Larantuka dan TPI Amagarapati.( ebd )

Semana Santa, Tim Gegana Polda NTT Lakukan Penyisiran Kapela

Next Story »

Kapal Patroli Laut Milik Polres Lembata Tabrak Perahu Nelayan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *