Polres Manggarai Layani SIM Keliling

Beberapa warga sedang mengisi formulir persyaratan memperoleh SIM

Beberapa warga sedang mengisi formulir persyaratan memperoleh SIM

BORONG, FBC- Semboyan polisi sebagai pelayanan masyarakat sungguh diperlihatkan anggota satuan polisi (Polres) Manggarai. Salah satu kegiatan yang digalahkan adalah pelayanan surat izin mengemudi (SIM) keliling kepada warga Borong dan sekitarnya yang berlangsung di halaman kantor Samsat-Borong, Senin (28/4/2015). Pelayanan tersebut disambut dengan antusias oleh warga Borong karena pelayanan tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka melengkapi atribut mengemudi kendaraan.

Beberapa warga di sela-sela mengurus administrasi persyaratan SIM mengaku senang dengan metode pelayanan yang disajikan Polres Manggarai. Sebab dengan mendatangi masyarakat mereka tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra berkaitan dengan transportasi ke Ruteng.

“Secara pribadi saya sangat senang dengan adanya pelayanan SIM keliling. Sebab dengan palayanan ini kami tidak perlu ke Ruteng Ibukota Kabupaten Manggarai untuk mengurus SIM baru atau perpanjangan SIM,” kata Marus Marsellus, salah seorang warga Borong kepada wartawan.

Selama ini proses mengurus SIM atau perpanjangan SIM hanya berpusat di Ruteng. Sebab di Manggarai Timur belum ada pelayanan  tersebut. Dengan demikian pelayanan SIM keliling sangat membantu masyarakat di satu sisi. Dan di sisi lain membuktikan kualitas pelayanan polisi kepada masyarakat.

Alasan jarak tempuh dan kesibukan kerja, beber. Marus, membuat beberapa warga yang membutuhkan SIM harus tunda. Tetapi dengan adanya pelayanan SIM keliling memudahkan sekaligus membantu masyarakat.

Dia mengatakan, selain jarak tempuh dan waktu yang singkat proses memperoleh SIM sangat mudah dan praktis. Perpanjangan SIM, misalnya, pemohon hanya membawa KTP Asli, SIM lama yang masih berlaku atau mati yang tidak lebih dari satu tahun. Data itu difotokopi masing-masing empat lembar.

“Kami memberi apresiasi yang istimewa kepada Polres Manggarai. Pelayanan ini sangat menyentuh kebutuhan warga akan kelengkapan SIM,” katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Manggarai AKP. Andry Fran Ferdyawan menjelaskan, program mobil SIM keliling bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, tingkat kesibukan masyarakat cukup tinggi. Jadi polisi sebagai pelayan menjemput masyarakat yang membutuhkan.

Andry mengungkapkan pelayanan SIM keliling di Borong merupakan langkah awal sehingga warga yang mendapat pelayanan ini tidak banyak. Kecuali itu langkah ini akan diteruskan ke depan sehingga warga yang membutuhkan pelayanan SIM bisa terlayani.

” Program pelayanan SIM keliling merupakan salah satu komitmen Polres Manggarai dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan, pelayanan SIM keliling mencakup perpanjangan SIM A dan C dengan persyaratan pemohon membawa foto copy KTP, Fotocopy SIM yang akan diperpanjang, pas photo ukuran 3 x 4 lembar, serta surat keterangan kesehatan dari dokter. Sementara untuk biaya perpanjangan SIM A yaitu Rp 80. 000, sementara SIM C Rp 75.000. Biaya tersebut sesuai dengan PP Nomor 50 Tahun 2010.

“Untuk proses pengadaan SIM baru peserta isi formulir. Sim dicetak di Ruteng,” katanya.

Andry mengungkapkan pelayanan SIM keliling di Borong merupakan langkah awal sehingga warga yang mendapat pelayanan ini tidak banyak. Kecuali itu langkah ini akan diteruskan ke depan sehingga warga yang membutuhkan pelayanan SIM bisa terlayani.

Laporan Kanis Lina Bana
Kontributor FBC Borong Matim

Bangunan SD Memprihatinkan, Satu Kursi Diduduki Dua Murid

Next Story »

Tiga Hari Pasokan Listrik di Manggarai Terganggu

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *