Cuaca Buruk, ASDP Tutup Pelayaran Semua Lintasan

KMP Ile Boleng di Pelabuhan Penyeberangan Waijarang Lewoleba (Foto: FBC- Bonne Pukan)

KMP Ile Boleng di Pelabuhan Penyeberangan Waijarang Lewoleba (Foto: FBC- Bonne Pukan)

KUPANG. FBC- PT Indonesia Fery Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kupang menutup pelayaran ke semua lintasan sejak Sabtu, 21 Pebruari 2015. Penutupan pelayaran ke semua lintasan di Nusa Tenggara Timur dilakukan karena cuaca buruk yang melanda daerah ini. Pembukaan kembali pelayaran baru bisa dilakukan hari Rabu, 25 Pebruari 2015, itupun jika cuaca membaik.

General Manager PT ASDP Kupang Arnol Yansen yang dihubungi melalui telepon, Senin, 23 Pebruari 2015 mengatakan, keputusan untuk menutup pelayaran sejak hari Sabtu lalu karena cuaca di daerah ini sangat ekstrim. Cuaca yang tidak mendukung karena angin kencang dan fenomena siklon di wilayah itu.

“Cuaca sangat ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang sejak beberapa hai lalu karena itu kita memutuskan untuk menutup sementara semua lintasan pelayaran kapal Feri,” katanya.

Dia mengatakan, fenomena itu bisa saja berdampak pada tinggi gelombang di sekitar Selat Rote, Sawu dan Laut Timor yang mencapai empat meter, dan tidak layak untuk dilayari. Kondisi ini diperkuat dengan peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sehingga pelayaran harus kita tutup demi keamanan dan keselamatan.

“Karena peringatan dari BMKG tersebut maka manajemen memutuskan menutup semua pelayaran untuk lintasan perairan di NTT. Kita berencana akan membuka kembali tanggal 25 Februari 2015 jika cuaca sudah membaik dan gelombang juga sudah kembali seperti biasa,” katanya. (Oni)

Pedagang Pakaian Bekas di Lewoleba, Protes Kebijakan Menteri Perdagangan

Next Story »

Krisis Identitas Butuh Keteladanan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *